NAMA : Rina Makkiyah
NPM :2013041182
SEMETER/JURUSAN : V / Programing
MATERI KULIA : Mobile Computing
DOSEN :
Akhlis Munazilin, MT.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Seiring dengan
perkembangan zaman, yang semakin maju, dan semakin luar biasa, maka kebutuhan
akan perangkat bergerak dan berkomputasi semakin di butuhkan. Hampir tidak
mungkin untuk membawa Personal Computer kemana-mana karena ukuran nya yang
lumayan besar dan berat serta tidak praktis. Para ilmuwan berpikir ulang untuk
menjawab masalah ini. Sehingga gagasan demi gagasan muncul seiring dengan
canggihnya perkembangan dunia, dan imajinasi seseorang dalam berpikir tentang masa
depan.
Perkembangan
pesat teknologi informasi telah menghadirkan media komunikasi global internet
yang memudahkan orang untuk saling bertukar informasi tanpa batasan geografis
dan waktu. Munculnya teknologi mobile seperti handphone, PDA (Personal
Digital Assistant), dan smart phone pada saat internet sudah mulai dikenal
luas menghadirkan revolusi baru dalam dunia komunikasi global yang
menggabungkan teknologi mobile dengan teknologi internet. Yang sering disebut
sebagai mobile computing. Mobile Computing adalah suatu penyajian informasi
yang menggunakan mobile devices seperti handphone, PDA, atau laptop dengan
bantuan media komunikasi wireless.
Dengan
adanya pembuatan makalah mengenai mobile computing ini diharapkan dapat
diperoleh informasi tentang teknologi mobile computing dan infromasi mengenai
dukungan hardware resource yang memadai untuk mendapatkan pemahaman yang tepat
mengenai mobile computing. Hardware resource yang dibutuhkan dapat berupa
perangkat komunikasi wireless seperti access point, wireless interface card,
handphone atau PDA atau laptop, dan pc yang bertindak sebagai computing center.
Lebih jauh lagi, dapat ketahui mengenai konsep dasar pemanfaatan teknologi
komunikasi ini pada sebuah sistem komputer.
Penerapan
teknologi yang mendukung mobilitas pertumbuhannya jauh melebihi sebagian besar
investasi teknologi informasi (TI) lainnya. Hal ini bisa dilihat dari maraknya
pasar teknologi nirkabel, yang mendukung infrastruktur mobilitas perusahaan (enterprise
mobility).
Berdasarkan laporan Dell'Oro mengenai perkembangan pasar
nirkabel. Penjualan access point nirkabel enterprise misalnya,
diprediksi meningkat 75 persen tahun 2004 dan tingkat pertumbuhan tahunan
rata-rata 47 persen sampai tahun 2008. Tahun 2005 diperkirakan terjadi lonjakan
sebesar 20 persen dalam penjualan, menjadi sekitar USD2,1 miliar. Maraknya
pertumbuhan pasar nirkabel enterprise ini tidak terlepas dari semakin matangnya
teknologi nirkabel, khususnya keamanan akses.
1.2. Rumusan Masalah
1. Jelaskan pengertian dan prinsip/cara kerja
dari mobile computing?
2. Sebutkan kelebihan dan kekurangan mobile
computing?
3. Jelaskan Arsitektur mobile computing?
4. Jelaskan mengenai keamanan mobile computing?
5. Jelaskan Perkembangan terbaru mobile
computung?
1.3. Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah ingin memberitahukan
kepada pembaca tentang apa yang dimaksud dengan mobile computing serta menambah
pengetahuan bagi mahasiswa mengenai mobile computing antara lain:
1. Untuk memberi pengetahuan prinsip/cara kerja mobile computing.
2. Untuk memberi pengetahuan kelebihan maupun kekurangan dari mobile
computing.
3. Untuk memberi pengetahuan mengenai
keamanan mobile computing.
1.4. Manfaat
Mendapatkan manfaat untuk
dapat lebih jauh memahami apa itu arti mobile computing pada teori komputasi.
Manfaatnya antara lain:
1. Dapat memahami pengertian dan mengetahui
prinsip/cara kerja mobile computing.
2. Dapat mengetahui kelebihan dan kekuurangan pada mobile
computing.
3.
Dapat mengetahui keamanan mobile
computing.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian dan prinsip/cara kerja dari mobile
computing
2.1.1. Pengertian mobile computing
Mobile computing atau komputasi
bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak
merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan
jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat.
Beberapa pengertian tentang mobile
computing diantaranya :
1.
Mobile computing
merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi
walaupun user melakukan perpindahan.
2.
Merupakan kemajuan
teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer)
yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).
3.
Merupakan sekumpulan
peralatan(hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang
bermobilisasi/berpindahlokasi.
4.
Merupakan kelas
tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri
dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada
jaringan yang berbeda.
5.
Tidak sama dengan
wireless computing.
Dari definisi diatas dapat dipahami mengapa dibutuhkannya mobile computing.
Kata kuncinya adalah manusia dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang
dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang
mampu mengikuti pergerakan setiap manusia. Bergerak disini dilihat dari dua
sisi yaitu orang dan device. Atau dapat disebut juga dengan sebuah komputasi
menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh
atau lingkungan mobile (non statik).
2.1.2. Prinsip/cara kerja dari mobile computing
Secara singkat, mobile computing berarti
menyatukan seluruh sumberdaya TI ke dalam sekumpulan layanan yang bisa
digunakan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan komputing perusahaan.
Infrastruktur mobile computing secara kontinyu menganalisa permintaan terhadap
sumberdaya dan mengatur suplai untuk disesuaikan terhadap permintaan tersebut.
Dimana data disimpan atau computer mana yang memproses permintaan tidak perlu
dipikirkan. Sebagaimana arus listrik; untuk memanfaatkannya, tempat pembangkit
atau bagaimana proses pengkabelan jaringan listrik tidak perlu diketahui. Dalam
menyelesaikan masalah system monolitik dan sumberdaya yang terfragmentasi, mobile
computing bertujuan menciptakan keseimbangan antara pengaturan suplai
sumberdaya dan kontrol yang fleksibel
Dua prinsip
kerja utama mobile computing yang membedakannya dari arsitektur komputasi yang
lain, seperti mainframe, klien-server, atau multi-tier yaitu virtualisasi dan
provisioning.
o
Virtualisasi
Setiap
sumberdaya (contoh komputer, disk, komponen aplikasi dan sumber informasi)
dikumpulkan bersama-sama menurut jenisnya, lalu disediakan bagi konsumen (orang
atau program software). Virtualisasi berarti meniadakan koneksi secara fisik
antara penyedia dan konsumen sumberdaya, dan menyiapkan sumberdaya untuk
memenuhi kebutuhan tanpa konsumen mengetahui bagaimana permintaannya bisa
terlayani.
o
Provisioning
Ketika
konsumen meminta sumberdaya melalui layer virtualisasi, sumberdaya tertentu di
belakang layer didefinisikan untuk memenuhi permintaan tersebut, dan kemudian
dialokasikan ke konsumen. Provisioning sebagai bagian dari mobile computing
berarti bahwa system menentukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen
seiring dengan mengoptimasi jalannya sistem secara keseluruhan.
2.2. Kelebihan dan
kekurangan mobile computing
2.2.1.
Kelebihan dari mobile
computing
1. Komputasi simulasi dan penyelesaian masalah
dapat berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas.
2. Pool dari aplikasi dan pustaka standard, akses
terhadap model dan perangkat berbeda, metodologi penelitian yang lebih
baik.
3. Akses terhadap sumber data global dan hasil
penelitian lebih baik.
5. Ukuran dan kompleksitas dari masalah
mengharuskan orang-orang dalam beberapa organisasi berkolaborasi dan berbagi
sumber daya komputasi, data dan instrumen sehingga terwujud bentuk organisasi
baru yaitu virtual organization.
6. Organisasi virtual sebagai hasil kolaborasi
memberikan beberapa keuntungan lebih lanjut, di antarnya :
o Sumber daya dan orang-orang yang tersebar
;
o Dihubungkan oleh jaringan, melintasi
domain-domain admin;
o Berbagi sumber daya, tujuan bersama;
o Dinamis;
o Fault-tolerant, dan
o Tidak ada batas-batas geografis.
2.2.2. Kekurangan dari mobile computing
Kekurangan pada mobile computing yang lebih dItekankan
disini adalah mengenai hambatan yang dialami oleh masyarakat Indonesia dalam
mengaplikasikan teknologi mobile computing. Hambatan-hambatan tersebut adalah
sebagai berikut :
1.
Manajemen institusi
yang terlalu birokratis menyebabkan mereka enggan untuk merelakan fasilitas
yang dimiliki untuk digunakan secara bersama agar mendapatkan manfaat yang
lebih besar bagi masyarakat luas.
2.
Masih sedikitnya
sumber daya manusia yang kompeten dalam mengelola mobile computing.
3. Kurangnya pengetahuan yang mencukupi bagi teknisi IT maupun user non
teknisi mengenai manfaat dari mobile computing itu sendiri.
2.3. Arsitektur mobile
computing
Arsitektur
Cloud, arsitektur sistem dari sistem perangkat lunak yang terlibat dalam
pengiriman komputasi awan, biasanya melibatkan beberapa komponen awan saling
berkomunikasi melalui antarmuka pemrograman aplikasi, biasanya layanan web dan
arsitektur 3-tier. Dua komponen yang paling penting dari arsitektur komputasi
awan dikenal sebagai front end dan back end. Ujung depan adalah bagian
dilihat oleh klien, yaitu pengguna komputer. Ini termasuk jaringan klien (atau
komputer) dan aplikasi yang digunakan untuk mengakses awan melalui user
interface seperti browser web. Bagian belakang arsitektur komputasi awan adalah
‘awan’ itu sendiri, yang terdiri dari berbagai komputer, server dan perangkat
penyimpanan data.
Penerapan komputasi awan adalah karena sebagian
besar kegelisahan sektor swasta dan masyarakat sekitarnya pengelolaan eksternal
berbasiskan layanan keamanan. Ini adalah sifat cloud services berbasis
komputasi, swasta atau publik, yang mempromosikan manajemen eksternal layanan
yang diberikan. Hal ini memberikan insentif yang besar di antara penyedia
layanan komputasi awan dalam memproduksi sebuah prioritas dalam membangun dan
mempertahankan manajemen yang kuat pelayanan aman. Organisasi telah dibentuk
untuk menyediakan standar untuk masa depan yang lebih baik dalam layanan
komputasi awan. Satu organisasi khususnya, Cloud Security Alliance adalah
sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mempromosikan penggunaan
praktek-praktek terbaik untuk memberikan jaminan keamanan di dalam komputasi
awan.
Penyimpanan Cloud model jaringan penyimpanan
data komputer dimana data disimpan di server virtual, umumnya diselenggarakan
oleh pihak ketiga, bukannya di-host di dedicated server. Perusahaan Hosting
mengoperasikan pusat data yang besar, dan orang-orang yang membutuhkan data
mereka untuk menjadi host membeli atau menyewa kapasitas penyimpanan dari
mereka dan menggunakannya untuk kebutuhan penyimpanan mereka. Pusat Data
operator, di latar belakang, virtualisasi sumber daya sesuai dengan kebutuhan
pelanggan dan mengekspos mereka sebagai server virtual, dimana pelanggan dapat
mengelola sendiri. Secara fisik, sumber daya mungkin span di beberapa server.
Telekomunikasi adalah cara penyampaian
informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Perangkat pada telekomunikasi ini
bertugas untuk menghubungkan pemakainya dengan pemakai yang lain. Kemudian
pemakai ini bisa berdekatan tetapi bisa berjauhan juga. Saat ini cloud
computing semakin dilihat oleh dunia telekomunikasi, salah satu contohnya
adalah untuk layanan kemanan data yang berbasis cloud computing. Contohnya
yaitu pada pembuatan virus scan, anti virus, anti hacking dan
storage di cloud yang aman untuk beragam platform termasuk pada
gadget. Sehingga membuat para pengguna/user merasa aman jika suatu saat data
yang mereka miliki disimpan di internet.
2.4 Keamanan Mobile Computin
Sebagai
Wi-Fi berkembang untuk menawarkan fungsionalitas tingkat
yang lebih besar, keamanan harus berkembang bahkan
lebih cepat untuk memerangi kerentanan baru yang terus wabah jaringan nirkabel.
A
Enkripsi Dasar
Para 802,11 standar kesepakatan terutama dengan
penyebaran nirkabel tersambung untuk kabel jaringan. Kelemahan yang
paling menonjol dari 802.11 adalah bahwa kebanyakan penyebaran tidak
menggunakan bahkan tingkat paling dasar
dari enkripsi.terenkripsi jaringan mengundang hacker untuk
menguping atau login ke jaringan Anda terlepas dari kehadiran dari
setiap sesi otentikasi. Bahkan yang paling tingkat
dasar enkripsi mencegah sumber daya Anda dari penjarahan.
B
WEP
Wired equivalent
privacy (WEP) merupakan "minimal" tingkat enkripsi yang dijelaskan di bagian
sebelumnya. WEP menyediakan Anda dengan tingkat
dasar perlindungan, tapi sayangnya, ada beberapa kelemahan dalam metode enkripsi, yang
semuanya mudah dieksploitasi dengan wireless hacker. Seperti 802.11 berkembang, lebih
besar tingkat otentikasi aman dan
manajemen kunci dapat membantu memperkuat beberapa
aspek WEP.Namun, masalah WEP
memiliki sebagian besar karena kurangnya dukungan
untukper-paket integritas perlindungan. Jumlah
serangan terhadap jaringan nirkabel meningkat diruang
lingkup, sehingga sangat penting untuk mencari metode
alternatifkeamanan untuk jaringan
nirkabel Anda, hanya karena perlindungan saat ini tidak cukup untuk menjamin integritas.
C
Akses Melindungi
Salah satu metode yang dapat membantu Anda melindungi sumber
daya nirkabel adalah menyebarkan wajib saling
otentikasi yang membutuhkan lalu lintas yang tidak dikirim sampai pengguna adalah otentik ke
server. Sayangnya, implementasi paling tidak
menawarkan pilihan otentikasi, sehingga dukungan akan datang dari evolusi jalur akses dengan kemampuan ini. Beberapa 802,11 implementasi awal tidak dapat
menggunakan persession yang kunci diturunkan untuk mengenkripsi transmisi
data Anda. implementasi ini hanya mengenkripsi data
menggunakan multicast / broadcast kunci default. Jenis implementasi yang rentan terhadap sejumlah WEP serangan, terutama jika kunci default
tidak otomatis diubah sering dan tidak mengikuti pola yang diberikan untuk
perubahan tersebut. paraadministrator penyebaran
Anda perlu menggunakan metode otomatis untuk Masa Depan Keamanan Wi-Fi? 285 mengubah kunci default untuk
menciptakan mekanisme manajemen yang aman yang menjaga jaringan nirkabel anda dilindungi terhadap jenis
serangan. Sebagai hacker menjadi
lebih dan lebih cerdas, dan memperoleh kekayaan hacking tools otomatis, keamanan jaringan Anda
harus berevolusi untuk berurusan dengan ancaman konstan ini.
2.5 PERKEMBANGAN TERBARU
Sistem mobile
dimulai dari jaringan telepon seluler yang menggunakan teknologi jaringan sel.
Teknologi terakhir, 3g akan dilanjutkan dengan
teknologi 4g dan seterusnya
A
1G
·
Mulai Tahun 1960 Dan Masih Menggunakan Teknologi
Analog, Disebut Imts (Improved Mobile Telephone Service).
·
1970: Amps (Advanced Mobile Phone System) Dengan Mikro
Prosesor.
·
Kedua Sistem Ini Digunakan Di As.
·
Teknologi Lainnya Adalah Nordic Mobile Telephone (Nmt)
Dan Total Access Communication System (Tacs).
·
Berkembang Pesat Di Tahun 1980-an Dan 20 Juta Orang Di
Tahun 1990.
B
2G
·
Muncul di akhir 1980-an. Digitisasi suara dan pesan.
Teknologi GSM dengan bentuk handset yang lebih kecil.
·
Muncul berbagai sistem mulai dari CDMA, digital AMPS,
GSM 400, 900, 1800.
·
Teknologi 3G muncul di tahun 2000-an.
C
2.5G
·
Muncul teknologi 2.G spt CDMA 20001x, EDGE dan GPRS.
·
Merupakan basic 3G namun masih kurang di sisi
kecepatan dan kapabilitas.
D 3G
·
IMT 2000 dirancang oleh ITU dan menggunakan frekuensi
200 MHz memungkinkan untuk mobile
application, kecepatan 2 Mb, suara, data, multimedia, locatian based service,
dll.
·
Diluncurkan pertama kali di Jepang pd th 2001.
·
2008: 200 juta pengguna di 40 negara.
E
DIATAS 3G AND 4G
·
Peningkatan 3G mulai dari Super 3G, ultra 3G dan 3.5 G
·
Semuanya mendukung kecepatan tinggi, data , suara,
video.
·
Teknologi 4G diperkirakan akan muncul di th 2010
dengan kecepatan 100 Mb perdetik namun masih dalam tahap eksperimen.
F
Teknologi 4G
·
Teknologi 4G: LTE, WiMAX, mobile broadband berisfat
platform.
·
Open handset Alliance; Android.
·
Keuntungan: jangkauan lebih luas dengan mobilitas
lebih tinggi.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Mobile komputing adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik,
atau dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik). Serta dapat di artikan komunikasi tanpa kabel
yang dapat di bawah oleh setiap pengguna.
3.2. Saran
Adapun saran bagi
pembaca makalah ini yaitu lebih memperdalam tentang materi atau pengetahuan mobile
computing sehingga dapat menghasilkan generasi yang menguasai teknologi ini
sehingga dapat emberikan sosialisasi
pada instansi pendidikan maupun institusi non pendidikan mengenai manfaat
dengan menggunakan sistem komputasi mobile.
thanks gan sudah share
BalasHapusMesin pemisah lcd touch
Casino – Odds, Tips, Stats, & Reviews - Airjordan21
BalasHapusThe Casino – Odds, Tips, Stats, & air jordan 18 retro red suede sports Reviews - Airjordan21. Search show air jordan 18 retro red suede to find where can you buy jordan 18 white royal blue your perfect how to get air jordan 18 retro men blue balance cab 사이트 of events, bonuses and promotions in your inbox.