Nama:
Putri Ayudiah Prastika
NPM : 2014041215
NPM : 2014041215
Mata Kuliah: Mobile Computing
Semester/Jurusan : V/Program
Dosen:
Dosen:
Akhlis
Munazilin, S.Kom., M.T.
MOBILE COMPUTING
Mobile
Computing adalah teknologi yang mengijinkan transmisi
data, voice dan video (multimedia) melalui perangkat komputer bergerak
atau perangkat nirkabel lainnya tanpa harus terkoneksi ke link yang terhubung
secara fisik. Mobile Computing melibatkan mobile communication,
perangkat keras mobile dan perangkat lunak mobile seperti smartphone,
tablet, laptop.
Mobile
Computing adalah teknologi yang mampu melakukan proses
komputasi pada perangkat mobile. Mobile
Computing merupakan teknologi yang terdiri dari suatu kumpulan
sistem komputasi terdistribusi atau server penyedia layanan yang
berpartisipasi, berhubungan dan saling bersinkronisasi melalui
protokol-protokol komunikasi mobile. Mobile Computing memungkinkan
transmisi data, voice dan video (multimedia) terhubung ke server penyedia
layanan melalui perangkat komputer bergerak atau perangkat nirkabel lainnya
tanpa harus terhubung secara fisik. Secara
umum, Mobile Computing
adalah
terminologi yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan teknologi dalam
menggunakan informasi dan perangkat lunak yang terpusat melalui perangkat
berukuran kecil dan portabel yang terkoneksi secara nirkabel.
SEJARAH & PERKEMBANGAN
Perkembangan mobile computer hingga
kini sangatlah luar biasa. Hal ini tidak lepas dari perkembangan-perkembangan
mobile computer dari waktu ke waktu. Berikut dibahas sedikit mengenai sejarah
perkembangan mobile computer, yakni :
·
Dynabook (1968)
Alan kay
mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya menawarkan sebuah media
elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak anak. Graphical control
interface dengan icon pada Komputer ini merupakan cikal bakal dari system
operasi yang ada saat ini.
·
Gir Compass 1100(1982)
Teknologi ini
di rancang dan di kembangkan oleh gird sangat terdepan . cover nya dapat
dilipat dan teringrasi sebauh flatscreen serta casing dari magnesium yang
ultralight. Namun ini di teruskan dan dikembangkan oleh bil moggridge ini
terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000. hanya kalangan militer
AS dan NASA saja yang dapat membelinya.
·
Oseborne 1 (1981)
IBM 1311
diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962 hardisk ini bisa menyipan sampai
dengan 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316). Ketebalan
hardisk ini mencapai 4 inci dan berat 4,5 kg dan memiliki 6 disk yang berukuran
6 disk yang berukuran 14 inci dan permukaan yang dapat ditulis.
·
Compaq Portable (1983)
Laptop pertama
yang kompetibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq. Berat dan tanpa batrai
lantaran masih menggunakan system operasi MS DOS laptop ini tidak popular.
·
Gavilan SC (1984)
Touchpad
pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di atas keyboard. Model
komputer ini sudah dilipat dan menyediakan laya LCD serta processor intel 80168
yang kompetibel dengan harga MS DOS.
·
Bondwell 2 (1985)
Walaupun era CP
/M yang sudah lewat tetapi kehadiran ini tetap sukses dengan RAM sebesar 64 Kb
floppy drive 3.5 inci dan layer LCD laptop ini menjadi jawara di eranya.
·
COMPAQ SLT 286 (1988)
Laptop pertama
yan sudah dilengkapi dengan batrai hardisk dan LCD. Layarnya menawarkan
resolusi VGA penuh.notebook ini ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak heran
harganya mencapai harga mobil pada saat itu.
·
Sharp Multicolor 386 PC 8041(1990)
Dengan spec :
-Prosesor :
Intel 80386
-Frekuensi
clock 20 mhz
-Ram 2MB
-Harddrive 40
mb
-Harga US$23.00
·
USB interface (1997)
Setelah
penganalan port interface USB hamper semua perangkat terhubung dengan notebook
computer portable mendadak menjadi universal.
·
WLAN untuk semua (1999)
Berkat penggunaan
WLAN notebook kini tidak lagi statis hotspot menghubungkan perangkat ini ke
internet dan jaringan kantor serta dapat diakses dimana saja.
JENIS – JENIS MOBILE
COMPUTING
1.
Laptop: merupakan
komputer portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudahyang
terintegrasi pada sebuah casing. Laptop fungsinya sama dengan komputer destop,
yang membedakannya hanya ukuran sehingga menudahkan pemakai untuk membawanya
kemana-mana.
2.
Wearable Computer atau komputer yang dipakaikan di tubuh manusi. Contohnya adalah
computer Gletser Ridgeline W200. W200 terbuat dari paduan magnesium bertulang
yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan. W200 yang
mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar dengan sebuah
perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan tangan instrumen
aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna dengan layar sentuh, keyboard
backlit dan baterai hot swappable. Fungsi nirkabel dari W200 memastikan
konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi pengguna dengan plug and play
Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. Menggunakan CE Windows atau sistem operasi
Linux, unit cepat dapat dikonfigurasi untuk mengakses sistem host remote
melalui kabel terintegrasi atau antarmuka nirkabel. Operasi bebas dari
tangan-W200 yang mengatasi keterbatasan fisik yang terkait dengan komputer
genggam normal. Hal ini memungkinkan pengguna kebebasan penuh untuk melanjutkan
kegiatan sehari-hari dengan menggunakan kedua tangan sedangkan komputer memiliki
akses penuh pada setiap saat. Selain kompas elektronik, sistem juga
mengintegrasikan fitur terbaru dan paling inovatif, seperti tilt dan
perhitungan diam, yang memungkinkan penghematan baterai kritis ketika unit
tidak digunakan. Kegunaan tangan-bebas dari W200 membuatnya kepentingan khusus
untuk Layanan Darurat, Keamanan, Pertahanan, Gudang, Lapangan Logistik dan
setiap wilayah di mana akses ke sejumlah besar informasi yang diperlukan.
3.
PDA (Personal Digital Assistants) adalah
sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil sertadapat
dibawa kemana-mana.
4.
SmartPhone ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh
dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu ponsel
dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system
yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi
pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel
sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email,
menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external
USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone
adalah miniatur komputer dengan.
Aplikasi-aplikasi Mobile Computing
1. Push e-mail
Perkembangan
teknologi saat ini sangat pesat sekali, terutama teknologi bergerak atau mobile
technology, beberapa tahun yang lalu perangkat mobile seperti ponsel hanya bisa
digunakan untuk menelpon dan mengirim sms. Namun saat ini kita bisa menggunakan
ponsel untuk berkirim dan menerima e-mail yang dulunya hanya bisa dilakukan
dengan komputer, namun hal ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemilik
ponsel canggih di Indonesia, mereka hanya memanfaatkan sedikit sekali dari
kemampuan ponsel yang dimilikinya, mereka rela membeli ponsel canggih namun
dalam prakteknya hanya digunakan untuk nelpon, sms, dan foto-foto, sungguh
menggelikan sekali. Padahal jika mereka mampu memanfaatkan kemampuan poselnya
dengan maksimal mereka akan memperoleh banyak sekali kemudahan dan manfaat yang
didapat.
Ada banyak cara untuk bisa berkirim dan menerima e-mail dari
ponsel, kita bisa menggunakan web browser ponsel untuk mengakses e-mail kita,
namun tentu saja hal ini tidak efektif karena satiap kita mau mengakses e-mail,
kita harus membuka web browser kita dan kita akan kesulitan jika ingin
mendownload dan menyimpannya di ponsel. Beberapa vendor ponsel juga menyertakan
pengolah e-mail pada produknya namun awalnya kita tidak bisa menerima e-mail
secara otomatis, kita harus mengeceknya secara manual untuk bisa mendownload
e-mail ke ponsel kita. Namun saat ini kita bisa menerima maupun mengirim e-mail
secara real time seperti halnya kita mengirim sms, teknologi yang memungkinkan
kita untuk bisa melakukan hal tersebut adalah teknologi push e-mail, yang dulu
di Indonesia di populerkan oleh Blackberry buatan RIM.
Push e-mail memiliki kemampuan always-on atau menyala terus,
dimana e-mail yang masuk akan diteruskan (pushed) kepada e-mail client. Dimana
e-mail client tersebut bisa berupa PC atau ponsel kita.
Push e-mail sebenarnya sudah ada sejak dahulu dengan
menggunakan internet berbasis kabel namun untuk teknologi nirkabelnya baru
muncul belakangan ini, yang diperkenalkan oleh blackberry dimana produk ini
memadukan antara portable device dan wireless sehinnga terciptalah ungkapan
always on.
Dulu jika kita ingin menggunakan teknologi push e-mail kita
harus bersedia mengorbankan uang kita yang tidak sedikit untuk menebus ponsel
dengan teknologi push e-mail, namun saat ini kita bisa menggunakan ponsel yang
hanya mempunyai kemampuan java untuk bisa menggunakan layanan ini. Ada banyak
sekali aplikasi berbasis java yang bisa kita gunakan, seperti SEVEN dan
mobiqus, namun bila kita menggunakan aplikasi ini baterai kita akan menjadi
sangat boros, karena koneksi internet akan selalu menyala untuk bisa melakukan
push e-mail.
Meskipun teknologi push e-mail memiliki banyak kelebihan yang
mungkin sangat membantu kerja kita, namun teknologi ini juga mempunyai
kekurangan, dengan kemampuan always on nya push e-mail akan mengambil semua
e-mail yang ada di account e-mail kita dan menyimpannya di ponsel kita, padahal
tidak semua e-mail yang masuk kita perlukan. Yang nantinya bisa membuat
kapasitas penyimpanan ponsel kita menjadi berkurang bahkan jika e-mail yang
kita dapatkan mengandung kode jahat atau virus yang malah akan membuat kita
repot nantinya, belum lagi tagihan pulsa kita yang akan membengkak, untuk itu
gunakanlah teknologi ini dengan bijak.
2. Blackberry
Tentunya
kita sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata blackberry. Blackberry adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi
dari mobile computing karena dilihat dari definisinya,mobile computing adalah
computer yang dibuat untuk mengatasi masalah perpindahan,atau lebih mudahnya
adalah computer yang mudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan untuk
berkomunikasi satu sama lain.Salah satu fasilitas yang ada di black berry untuk
berkomunikasi antara satu sama lain yaitu blackberry messenger atau yang lebih
dikenal BBM.Fasilitas dari blackberry ini menggunakan PIN code dalam berkomunikasi
satu sama lain.PIN code ini hanya untuk membedakan antara blackberry satu
dengan blackberry yang lain.PIN code ini terdiri dari 8 digit,yang terdiri dari
alphabet dan numerik.Blackberry messenger memiliki beberapa kelebihan antara
lain
·
Bisa digunakan
untuk melakukan komunikasi berupa chatting
·
Memerlukan biaya
yang lebih murah daripada SMS biasa
·
Pesan yang
diterima,tidak memenuhi inbox
·
Bisa melakukan
chatting dengan grup
Akan tetapi dari
beberapa kelebihan tersebut,blackberry messenger memiliki beberapa kekurangan
pula,antara lain
·
Hanya bisa
digunakan oleh sesama pengguna blackberry
·
Tidak bisa
saling berkomunikasi anatara sesama pengguna apabila tidak mengetahui pin code
nya.
3. Taxi Dispacth
Taxi dispatch
adalah adalah salah satu contoh applikasi mobile
computing. Taksi dispacth merupakan sebuah sistem komunikasi yang
menghubungkan antara mobil taksi, operator atau server, dan calon penumpang.
Taksi dispacth memungkinkan server dapat mengetahui posisi calon penumpang
dengan cepat dan dengan segera mengirimkan datanya kepada lima sopir taksi
terdekat hal ini mengurangi waktu yang diperlukan dalam berkomunikasi antara
sopr taksi dan server sehingga penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama.
Selain itu, adanya sistem komunikasi ini mengurangi miss komunikasi antara sopir taksi dan server yang dapat
menyebabkan berbagai kesalahan misalnya, penumpang dijemput oleh lebih dari
satu taksi sekaligus atau penumpang tidak dijemput oleh taksi.
Taxi Dispacth
menggunakan jaringan GPRS. Jaringan ini langsung menghubungkan semua taksi
dengan server. Server bertugas menerima dan mengolah data dari calon penumpang
dan dari taksi, sehingga dapat diketahui posisi taksi yang terdekat dengan penumpang.
Proses
kerja taxi dispatch:
1.
Calon penumpang
memesan taxi melalui applikasi pemesanan taksi
2.
Server yang
telah menerima data dari penumpang segera mancari 5 taksi yang posisinya
terdekat dengan penumpang.
3.
Para sopir taksi
yang telah dihubungi oleh server, segera mengkonfirmasikan apakah akan
menjemput penumpang atau memilih penumpang lain.
4.
Penumpang
menerima konfirmasi dari server tentang informasi taksi yang akan menjemputnya.
4. Mobile Banking
Perkembangan
teknologi internet dan semakin berkembangannya teknologi smartphone atau
berbagai mobile computing hardware yang lain, menyebabkan munculnya berbagai
institusi-institusi baru seperti bank online, pialang saham online, dan
manajemen keuangan online. Institusi-institusi tersebut menyediakan berbagai
layanan jasa perbankan dan keuangan yang dapat diakses secara online dan di
mana saja tanpa harus pergi ke bank atau mesin atam. Berbagai layanan seperti
transfer uang dari satu rekening ke rekening lain hngga layanan informasi dan
transaksi yang membantu seseorang yang ingin berspekulasi saham dapat diakses
melalui handphone (pada umumnya). Selain dapat diakses melalui handphone,
layanan ini juga dapat diakses melalui teknologi smartphone dengan 3G
connectivity, yang pada aplikasinya memiliki berbagai kelebihan yang tidak
terdapat pada layanan melalui handphone konvensional. Oleh karena itu,
teknologi mobile banking tersebut merupakan suatu aplikasi dari mobile
computing.
Ada
banyak pengertian dan definisi dari mobile banking, salah satu yang paling
simpel adalah, mobile banking adalah fasilitas perbankan melalui alat komunikasi
bergerak seperti handphone atau smartphone yang menyediakan fasilitas yang sama
dengan ATM kecuali penarikan tunai. Salain pengertian simpel di atas juga
terdapat sebuah model akademik yang mendefinisikan mobile banking sebagai,
penyediaan suatu fasilitas perbankan dan finansial oleh suatu istitusi bank
atau penyedian jasa financial dengan bantuan alat komunikasi bergerak yang
pelayanannya menyangkut pengaturan akun, akses informasi dari bank atau pun
transaksi baik uang maupun pada pasar saham.
Pada
saat ini mobile banking telah menjadi suatu fasilitas yang sangat dibutuhkan
oleh masyarakat baik oleh para professional dan para spekulan saham yang selalu
berada dalam keadaan bergerak atau mobile hingga pada tingkatan masyarakat
terendah seperti pedagang dan petani. Bahkan bisa dibilang bahwa masyarakat
telah ketagihan dalam menggunakan layanan ini. Perkembangan pesat fasilitas
mobile banking yang disediakan oleh berbagai institusi hingga dapat mencapai
strata masyarakat terbawah dan daerah terpencil, tidak dapat dipisahkan dengan
perkembangan pasar pengguna telepon genggam atau handphone. Pada tahun 2005
saja pengguna telepon genggam telah mencapai 2,5 milyar orang yang mencakup 2
milyar pengguna GSM. Dan akhir-akhir ini perkembangan dunia mobile banking juga
didorong dengan mulai maraknya pengguna smartphone seperti blackberry, iPhone
dan lainnya yang dapat menyediakan failitas dan pengalaman mobile banking yang
jauh leih luas dari telepon genggam GSM biasa. Selain penggunaan alat telekomunikasi diatas,
perkembangan dunia mobile banking juga dapat dilihat dengan hamper semua bank
baik konvensional maupun syariah yang menyedialan fasilitas mobile banking,
selain itu semua transaksi di pasar saham telah dilakukan secara online. Hal
ini menyebabkan dana dapat berpindah tempat dari satu ujung bumi ke ujung yang
lain hanya dalam hitungan detik.
Ada
banyak sekali layanan yang ditawarkan oleh fasilitas mobile banking. Layanan
yang ditawarkan mempunyai tiga konsep yang berkaitan yaitu yang pertama adalah
Mobile Accounting atau akuntansi mobile. Layanan ini menyediakan jasa akuntansi
untuk kepentingan bisnis atau perdaganan dan berbagai layanan lain seperti dana
pensiun dan asuransi. Yang kedua adalah Mobile Brokerage, ini adalah layanan
bagi para spekulan saham agar dapat bertansaksi saham dalam keadaan bergerak.
Dan yang ketiga adalah Mobile Financial Information Service. Jika dua layanan diatas yaitu accounting dan
brokerage adalah layanan berbasis transaksi maka layanan yang ketiga ini
menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses oleh pengguna untuk
menggunakan dua layanan diatas.
Seiring
dengan berkembangnya teknologi mobile banking, mulai muncul berbagai
permasalahan dan tantangan ke depan. Mulai dari berbedanya teknologi handphone
atau smartphone itu sendiri yang menyebabkan tidak seragamnya teknologi mobile
banking. Hal ini menyebabkan berbagai hambatan bagi para pengguna
internasional, karena layanan di setiap wilayah atau Negara tidaklah sama,
karena mayoritas hardware di setiap wilayah atau Negara juga juga berbeda. Hal
ini telah membuat penyedia layanan mobile banking untuk melakukan berbagai
langkah-langkah agar layanan mereka data diakses oleh semua pengguna meskipun
berbeda hardware. Tantangan lainnya adalah tentang keamanan, dengan semakin cepat
dan jauhnya transaksi yang terjadi sehari-hari maka semakin besar resiko
terjadinya pencurian dan tindakan criminal yang lain. Untuk itu dilakukan
langkah-langkah baik secara hokum dan teknologi untuk dapat meminimalisir
kemungkinan-kemungkinan tersebut. Dan salah satu tantangan yang lain adalah
masalah akses oleh masyarakat secara umum, di masa depan diharapkan semua
masyarakat dalam semua strata, golongan dan profesi dapat mengakses dan
memanfaatkan teknologi ini.
Pada
saat ini teknologi mobile banking adalah teknologi yang masih sangat muda. Akan
tetapi teknologi ini telah berkembang jauh lebih cepat dan pesat dari berbagai
sistem transaksi dan keuangan yang telah ada dan berkembang sebelumnya. Di masa
depan diprediksi bahwa teknologi ini akan benar-benar menggantikan tugas
seorang teller bank ataupun sebuah mesin ATM, sehingga kita tida harus bertatap
muka dengan seorang teller atau pergi ke mesin ATM untuk melakukan berbagai
transaksi. Semua transaksi dapat kita lakukan di mana saja dan kapan saja selama
ada koneksi internet. Dan pada akhirnya internet bukan hanya menjadi salah satu
bagian dari kegiatan ekonomi dan hidup kita secara keseluruhan, akan tetapi
menjadi suatu mesin penggerak ekonomi dan kehidupan sebagaimana kita
membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan dan energi.
TOOL UNTUK MOBILE COMPUTING
-
GPS (Global
Positioning System)
-
Wireless (Acess)
-
GIS (Location)
Contoh-contoh-Applikasi Mobile Computing : BBM(Blackberry Massanger), WhatsApp, Bayar listrik
online, dll.
HARDWARE & SOFTWARE
-
Dengan dukungan Mobile Computing, seseorang dimanapun berada, tetap dapat
bekerja dan melakukan aktifitas business dengan konsep Mobile Computing Mobile/Migrasi
-
Security
-
Authentication
-
Privacy
HARDWARE COMPUTING :
-
Laptop (Computing Unit)
-
LCD (Display Unit)
-
Wireless (Comunication Unit)
SOFWARE
COMPUTING :
-
Operating System
-
GUI
-
Application, Cell phone application, Calendar dll
-
Java ME, Popular untuk game
-
Mobile Operation System
Mobile
Operation System :
-
Java Mobile
-
Symbian for Nokia
-
Android berbasis Linux
-
I phone mac OSX
-
Palm OS (PDA)
-
Blackberry System
-
Dll
KELEBIHAN & KEKURANGAN
KELEBIHAN MOBILE COMPUTING
-
Aplikasi yang luas
-
Bergerak/berpidah lokasi secara bebas
-
Bebas berpindah jaringan
KEKURANGAN MOBILE COMPUTING
1. Minimnya
Bandwith
Akses internet pada peralatanini lambat jika
dibandingkan dengan akses dengan kabel, akan tetapi dengan menggunakan
teknologi GPRS, EDGE dan jaringan 3G, LAN Nirkabel berkecepatan tinggi tidak
terlalu mahal tetapi memiliki bandwith terbatas.
2. Konsumsi
tenaga
Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan
baterai.
3. Gangguan
Transmisi
Jarak dengan pemancar sinyal dan cuaca sangat
mempengaruhi transimis data pada mobile computing.
4. Potensi
Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan akhir2 ini kerap disebabkan oleh
pengendara yang menggunakan peralatan mobile computing saat berkendara.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar