Rabu, 12 Oktober 2016

Mobile Computing



MAKALAH
TentangAplikasi Mobile computeringuntukmemenuhitugasBapakAkhilismunazilin

Ditulisoleh  :YulikaDiastutik
NPM          : 2013041136













Program studimangemenInformatikadankomputer
AMIK IBRHIMY
Sukorejositubondo








Daftar isi

Halaman judul
Daftar isi                                                                                                                                1
Kata pengatar                                                                                                                       2
Bab 1 pendahuluan                                                                                                                        3
            Latar belakang                                                                                                        
            Tujuan dan manfaat
Bab 2 pembahsan                                                                                                               4
            Isi
Bab 3 penutup                                                                                                                     9
            Kesimpulan
            Kritik dan saran
Daftar pustaka                                                                                                                      10


Kata pengantar
بسم الله الرحمن الرحيم
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Aplikasi Mobile Computering.Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Akhlis Munazilin selaku Dosen mata kuliah Mobile Computering  yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
       Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.


Situbondo ,02 october 2016





BAB 1
Pendahuluan


1.1 Latar belakang
Dalam era yang serba teknologi saat ini, kemajuan bidang pendidikan sangatlah bertambah dari waktu ke waktu. Kemajuan yang dicapai oleh umat manusia, baik itu bidang sosial, bidang informasi maupun bidang pendidikan. Salah satunya membuat makalah yang baik dan benar, yaitu merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.
1.2 tujuan dan manfaat
yakni kita dapat melakukan komunikasi dengan cepat dan waktu yang singkat dimana saja dan kapan saja dan bahkan untuk transaksi keuangan dapat dilakukan secara aman dan cepat dalam jangka waktu yang singkat pula asal koneksi internet pada posisi stabil.





BAB 2
Pembahasan

1.            Pengertian Mobile Computing

mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih komputer dan mampu melakukan komunikasi walaupun user atau pangguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Teknologi ini juga mencakup  mobile computer atau portable computer yang bisa melakukan komunikasi tanpa kabel atau nirkabel. Alat alat ini bisa berupa alat pendeteksi posisi, alat komunikasi, maupun alat-alat lain yang khususnya dipergunakan untuk berhubungan dan komunikasi.
            Mobile computing juga merupakan teknologi yang dapat melakukan sistem distribusi data saat bergerak bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda.

2.            Perkembangan Mobile computering

2.1Personal Computer
Sejarah ini diawali dengan terciptanya device atau hardware komputer, khususnya Personal Computer(PC). Saat itu, PC berawal dari perkembangan komputer besar yang harus di gunakan oleh lebih dari 1 orang. Kemudian komputer besar menjelma menjadi komputer personal dalam ukuran yang lebih kecil setelah ditemukannya chip prosesor pada tahun 80-an. Yang sering kita dengar adalah intel chip 4004 yang di ciptakan pertama kali pada pertengahan 1971.

2.2    Networking, LAN, dan WLAN
Setelah komputer personal di ciptakan, para pakar berpikir untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Ini di awali dengan diciptakannya jaringan internet di dunia. Setelah itu di ciptakanlah jaringan komputer lokal atau Local Area Network (LAN), dengan maupun tanpa server. Jaringan ini memungkinkan komputer-komputer dalam suatu lingkup lokasi terhubung dengan kabel satu sama lain. Kemudian setelah LAN jaringan komputer makin berkembang dengan WLAN (Wireless LAN), yaitu hubungan komputer sama seperti LAN namun dapat di lakukan tanpa kabel (wireless=tanpa kabel). Hubungan seperti ini dapat dilakukan dalam suatu area yang terdapat hot spot, yaitu alat penyedia jaringan nirkabel.

2.3   Laptop, handphone, dan alat komunikasi lainnya
Seiring dengan perkembangan zaman, komputer diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Komputer pun di buat makin kecil ukurannya dengan kemampuan setara dengan komputer dekstop. Sampai saat ini, komputer portabel atau laptop ini menjadi alat favorit karena kecanggihannya di simpan dalam ukuran kecil, kompak dan mudah dibawa kemana mana. Begitu juga dengan telepon. Semakin meningkatnya kebutuhan manusia dalam hal komunikasi, maka telepon pun juga di buat portable atau mudah di bawa. Sama juga dengan laptop, telepon pun juga menjadi portabel dengan di ciptakannya handphone. Berawal dari handphone, fungsinya pun juga makin bervariasi. Mulai dari musik, kamera, video, bahkan alat pendeteksi posisi (GPS).
2.4  Mobile computing
Setelah semua alat komunikasi kompak seperti pager, handphone dan laptop maupun penggunanya untuk melakukan komunikasi saat sedang melakukan perpindahan. Jika sebelumnya kita hanya dapat melakukan hubungan atau koneksi saat kita sedang diam seperti sedang berada dalam jaringan LAN, maka teknologi ini menjadi paradigma baru dalam melakukan suatu koneksi. Teknologi ini memungkinkan kita untuk melakukan distribusi data walau kita sedang berpindah dari jaringan satu ke jaringan yang lain. Contohnya saat sedang melakukan transaksi dengan bank, kita harus malakukan login, transaksi atau transfer, kemudian kita menerima laporan, walaupun saat itu kita sedang naik mobil berkecepatan 100km/jam. Ini dapat dilakukan karena kita melakukan koneksi dengan jaringan berbeda tanpa memutus jaringan koneksi itu sendiri. Saat kita sedang login, kita berada suatu jaringan X. Kemudian saat bertransaksi, kita berada pada jaringan Y, dan menerima laporan saat kita berada pada jangkauan jaringan Z. Ini terjadi tanpa pemutusan koneksi sama sekali, yaitu adanya hubungan antara jaringan X, Y, dan Z. Hubungan seperti itulah yang disebut mobile computering
3.    Aplikasi-aplikasi Mobile Computing

3.1  Push e-mail
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat sekali, terutama teknologi bergerak atau mobile technology, beberapa tahun yang lalu perangkat mobile seperti ponsel hanya bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim sms. Namun saat ini kita bisa menggunakan ponsel untuk berkirim dan menerima e-mail yang dulunya hanya bisa dilakukan dengan komputer, namun hal ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemilik ponsel canggih di Indonesia, mereka hanya memanfaatkan sedikit sekali dari kemampuan ponsel yang dimilikinya, mereka rela membeli ponsel canggih namun dalam prakteknya hanya digunakan untuk nelpon, sms, dan foto-foto. Padahal jika mereka mampu memanfaatkan kemampuan poselnya dengan maksimal mereka akan memperoleh banyak sekali kemudahan dan manfaat yang didapat.
Push e-mail memiliki kemampuan always-on atau menyala terus, dimana e-mail yang masuk akan diteruskan (pushed) kepada e-mail client. Dimana e-mail client tersebut bisa berupa PC atau ponsel kita.
Push e-mail sebenarnya sudah ada sejak dahulu dengan menggunakan internet berbasis kabel namun untuk teknologi nirkabelnya baru muncul belakangan ini, yang diperkenalkan oleh blackberry dimana produk ini memadukan antara portable device dan wireless sehinnga terciptalah ungkapan always on.
3.2    Blackberry
            Blackberry  adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi dari mobile computing karena dilihat dari definisinya,mobile computing adalah.Salah satu fasilitas yang ada di black berry untuk berkomunikasi antara satu sama lain yaitu blackberry messenger atau yang lebih dikenal BBM.Fasilitas dari blackberry ini menggunakan PIN code dalam berkomunikasi satu sama lain.PIN code ini hanya untuk membedakan antara blackberry satu dengan blackberry yang lain.PIN code ini terdiri dari 8 digit,yang terdiri dari alphabet dan numerik.Blackberry messenger memiliki beberapa kelebihan antara lain
·          Bisa digunakan untuk melakukan komunikasi berupa chatting
·          Memerlukan biaya yang lebih murah daripada SMS biasa
·          Pesan yang diterima,tidak memenuhi inbox
·          Bisa melakukan chatting dengan grup

Akan tetapi dari beberapa kelebihan tersebut,blackberry messenger memiliki beberapa kekurangan pula,antara lain
·      Hanya bisa digunakan oleh sesama pengguna blackberry
·          Tidak bisa saling berkomunikasi anatara sesama pengguna apabila tidak mengetahui pin code nya.
3.3       Taxi Dispacth
Taxi dispatch adalah adalah salah satu contoh applikasi mobile computing.  Taksi dispacth merupakan sebuah sistem komunikasi yang menghubungkan antara mobil taksi, operator atau server, dan calon penumpang. Taksi dispacth memungkinkan server dapat mengetahui posisi calon penumpang dengan cepat dan dengan segera mengirimkan. datanya kepada lima sopir taksi terdekat hal ini mengurangi waktu yang diperlukan dalam berkomunikasi antara sopr taksi dan server sehingga penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, adanya sistem komunikasi ini mengurangi miss komunikasi antara sopir taksi dan server yang dapat menyebabkan berbagai kesalahan misalnya, penumpang dijemput oleh lebih dari satu taksi sekaligus atau penumpang tidak dijemput oleh taksi.
            Taxi Dispacth menggunakan jaringan GPRS. Jaringan ini langsung menghubungkan semua taksi dengan server. Server bertugas menerima dan mengolah data dari calon penumpang dan dari taksi, sehingga dapat diketahui posisi taksi yang  terdekat dengan penumpang.

Gambar : taxi dispactch
Proses kerja taxi dispatch:
1.    Calon penumpang memesan taxi melalui applikasi pemesanan taksi
2.    Server yang telah menerima data dari penumpang segera mancari 5 taksi yang posisinya terdekat dengan penumpang.
3.    Para sopir taksi yang telah dihubungi oleh server, segera mengkonfirmasikan apakah akan menjemput penumpang atau memilih penumpang lain.
4.    Penumpang menerima konfirmasi dari server tentang informasi taksi yang akan menjemputnya.
3.4       Mobile Banking
Pada saat ini teknologi mobile banking adalah teknologi yang masih sangat muda. Akan tetapi teknologi ini telah berkembang jauh lebih cepat dan pesat dari berbagai sistem transaksi dan keuangan yang telah ada dan berkembang sebelumnya. Di masa depan diprediksi bahwa teknologi ini akan benar-benar menggantikan tugas seorang teller bank ataupun sebuah mesin ATM, sehingga kita tida harus bertatap muka dengan seorang teller atau pergi ke mesin ATM untuk melakukan berbagai transaksi. Semua transaksi dapat kita lakukan di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Dan pada akhirnya internet bukan hanya menjadi salah satu bagian dari kegiatan ekonomi dan hidup kita secara keseluruhan, akan tetapi menjadi suatu mesin penggerak ekonomi dan kehidupan sebagaimana kita membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan dan energi.





BAB 3
Penutup

3.1   Kesimpulan
Dapat disimpulkan dalam pembasan pada tiap bab tentang mobile computering yakni kita dapat melakukan komunikasi dengan cepat dan waktu yang singkat dimana saja dan kapan saja dan bahkan untuk transaksi keuangan dapat dilakukan secara aman dan cepat dalam jangka waktu yang singkat pula asal koneksi internet pada posisi stabil.
3.2         kritik dan saran

dari factor ekonomi aplikasi mobile computering ini dalam segi harga masih kurang terjangkau yakni rata rata dan bahkan menyeluruh aplikasi ini juga sangat mahal dan bukan hanya hal itu masih banyak para penduduk yang belum mengenal betul apa itu hardware dan software yang merupakan penunjang aktifnya aplikasi ini.




Daftar pustaka
Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering
http://donipermanaputra.blogsport.co.id


Lampiran
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar